Langsung ke konten utama

Mengenal Macam-Macam Energi Alternatif

Mahdaf Webs - Apa itu Energi alternatif dan Penjelasannya..?   Mari langsung saja disimak uraian berikut ini .


Pengertian Energi Alternatif

Energi alternatif adalah energi yang dapat digunakan untuk menggantikan energi atau bahan bakar konvensional. Energi alternatif digunakan untuk mengatasi keterbatasan energi. Jenis jenis energi alternatif  Sebagai berikut ini .


Macam-Macam Energi Alternatif

Jenis-jenis energi alternatif adalah sebagai berikut :

      1. Matahari
Energi matahari dapat digunakan untuk pembangkit listrik dengan menggunakan alat yang bernama Sel Surya. Selain itu bisa juga dimanfaatkan untuk membuat rambu lalu lintas energi surya. Energi matahari juga dapat digunakan untuk memanaskan air dan membuat kompor tenaga surya.

      2. Angin
Angin dapat digunakan untuk memutar kincir angin untuk dijadikan listrik menggunakan turbin, Saat bilah-bilah turbin bergerak, Generator akan membangkitkan listrik.

       3. Air
Tenaga yang dihasilkan air yang mengalir dapat digunakan untuk menggerakkan turbin  yang memutar generator. Generator yang berputar ini dapat menghasilkan listrik.

       4. Gelombang air laut
Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi enrgi listrik.

       5. Bahan bakar bio
Bahan bakar bio adalh bahan bakar yang berasal dari hewan maupun tumbuhan yang digunaakan untuk pengganti minyak bumi. Kelapa, jarak, dan kapuk diolah menjadi biodiesel. Singkong, ubi, jagung, dan sagu dapat diolah menjadi bioetanol. Biodiesel dapat digunakan untuk menggantikan solar, sedangkan Bioetanol dapat digunakan untuk menggantikan bensin/premium. Biogas diolah dari kotoran hewan .

       6. Panas bumi
Energi panas bumi  adalah energi panas bumi energi yang dihasilkan oleh magma didalam perut bumi. Batuan panas akan memanaskan air di sekitarnya sehingga menghasilkan sumber uap panas atau geiser. Geiser tersebut dibor dan menghasilkan uap panas. Uap panas tersebut dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang akan memutar generator sehingga menghasilkan energi listrik.         


Keuntungan Energi Alternatif 

Keuntungan menggunakan energi alternatif :
·        * lebih ramah lingkungan
·        * tersedia cukup banyak
·        * energi yang dihasilkan cukup besar
·        *energi alternatif tidak akan habis

     Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat!  Terima Kasih.

Komentar

Populer Post

Pengertian Adaptasi Beserta Contohnya

Mahdaf Webs - Kali ini Kita akan membahas tentang Pengertian Adaptasi, Macam-macam adaptasi dan pengertiannya. " Adaptasi", mungkin kita sudah sering mendengarnya sebagai kata untuk kalimat
"penyesuaian diri". Adaptasi sendiri adalah penyesuaian diri makhluk terhadap lingkungannya. untuk lebih jelas dan lebih mengerti, kita simak penjelasan berikut ini :

Pengertian AdaptasiAdaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan hidupnya. Adaptasi ini diperlukan oleh makhluk hidup dibumi, karena setiap lingkungan dibumi memiliki karakteristik sendiri. Misalkan dikutub suhunya sangat dingin serta banyak terdapat air sedangkan sebaliknya di daerah gurun suhunya panas, gersang, dan sulit untuk mendapatkan air.
Oleh karena itu ditempat tersebut makhluk hidupnya memiliki bentuk dan karakteristik berbeda untuk menyeseuaikan diri dengan lingkungannya. Seperti, Beruang kutub memiliki bulu yang lebat untuk melindungi tubuhnya dari suhu dingin dan di …

Perpindahan Kalor

Mahdaf Webs - Kali ini Mahdaf Webs akan membahas tentang Perpindahan Kalor. Atau kalor biasa disebut dengan panas. Kalor/panas dapat berpindah apabila terdapat perbedaan suhu pada suatu zat. Perpindahan Kalor dapat dibedakan menjadi Konduksi, Konveksi, dan Radiasi. Langsung saja, berikut artikel pembahasan tentang Perpindahan Kalor/panas.
Perpindahan Kalor        Joseph Black pada tahun 1720-1799 mengemukakan tentang perpindahan kalor suatu benda yang dikenal dengan asas black.
1. Jika dua benda saling bercampur, benda yang panas akan memberikan kalor pada benda yang dingin hingga suhu kedua benda itu sama.
2. Jumlah kalor yang diserap oleh benda dingin, sama dengan jumlah kalor yang dilepas benda yang panas.
3. Sebuah benda yang didinginkan sebesar t°C akan melepaskan kalor sama jumlah dengan kalor yang diserap oleh benda yang dipanaskan sebesar t°C.
       Asas Black dapat disimpulkan sebagai berikut. Jumlah kalor yang dilepaskan oleh benda yang bersuhu tinggi sama dengan jumlah kalor yan…