Langsung ke konten utama

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup


Klasifikasi Makhluk hidup Mahdaf IPA Blog – Dapat kita ketahui, bahwa di bumi ini terdapat berjuta-juta jenis makhluk hidup yang beraneka ragam. Di antara makhluk-makhluk hidup yang sejenis pun masih terdapat variasi. Cobalah kamu sebutkan satu per satu makhluk hidup yang kamu ketahui. Tentunya banyak sekali bukan?

 Pengertian Singkat 

Untuk mempermudah mengenal dan mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam, maka perlu adanya pengelompokan atau pengklasifikasian. Jadi, klasifikasi adalah suatu cara pengelompokan (penggolongan) dan pemberian nama makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-cirinya. Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup adalah taksonomi.

Tujuan Klasifikasi 

Klasifikasi makhluk hidup memiliki beberapa tujuan, antara lain
  1.  Mempermudah dalam mempelajari dan mengenal berbagai macam makhluk hidup;
  2. Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup; 
  3. Mengetahui manfaat setiap jenis makhluk hidup bagi manusia;
  4. Mengetahui adanya saling ketergantungan antar makhluk hidup. 

Beberapa Macam Klasifikasi 

Ada beberapa macam sistem klasifikasi antara lain sebagai berikut.
  •  Sistem Klasifikasi Alami 
Sistem klasifikasi ini dicetuskan oleh Aristoteles. Klasifikasi sederhana membagi makhluk hidup menjadi tumbuhan, hewan, dan manusia.
  •  Sistem Klasifikasi Sistem Filogenik 
Sistem klasifikasi ini dapat digunakan untuk mengetahui hubungan kekerabatan suatu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.
  • Sistem Klasifikasi Dua Kingdom 
Sistem klasifikasi ini membagi makhluk hidup menjadi kingdom Plantae dan Animalia.
  •  Sistem Klasifikasi 3 Kingdom 
Sistem klasifikasi ini membagi makhluk hidup menjadi kingdom Plantae, Animalia dan Fungi.
  •  Sistem Klasifikasi 4 Kingdom 
Sistem klasifikasi ini membagi makhluk hidup menjadi kingdom Plantae, Animalia, Fungi dan Monera.
  • Sistem Klasifikasi 5 Kingdom 
Sistem klasifikasi ini dicetuskan oleh Robert H. Whittaker. Klasifikasi ini membagi makhluk hidup menjadi kingdom Plantae, Animalia, Fungi, Monera dan Protista.
  •  Sistem Klasifikasi 6 Kingdom 
Sistem klasifikasi ini, Monera dibedakan menjadi dua kingdom, yaitu Achaebacteria dan Eubacteria. Yang termasuk Eubacteria adalah bakteri.

 Dan kali ini kita bahas pengklasifikasian secara sederhana...

Klasifikasi Sederhana 

Pengklasifikasian Sederhana dilakukan berdasarkan persamaan lingkungan tempat hidupnya, jenis makanannya, atau berdasarkan kegunaannya. 

Contoh Klasifikasi sederhana adalah pengklasifikasian makhluk hidup berdasarkan lingkungan tempat hidupnya, misalnya sebagai berikut. 
- Kelompok Xerofit, adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan yang kering. 
- Kelompok Hidrofit, adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan air. 
- Kelompok Higrofit, adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan yang lembab. 
- Kelompok Saprofit, adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan yang kotor (sampah). 

Selain itu ada pula pengelompokan makhluk hidup berdasarkan jenis makanannya, misalnya sebagai berikut. 
- Kelompok Herbivora, adalah hewan pemakan tumbuhan. 
 - Kelompok Karnivora, adalah hewan pemakan daging. 
 - Kelompok Omnivora, adalah hewan pemakan daging dan tumbuhan. 

Tumbuhan juga Dapat pula dikelompokkan menjadi kelompok tumbuhan sandang, pangan, dan obat-obatan. Pengelompokan tersebut berdasarkan manfaat atau kegunaannya. 

Lanjut ke : Klasifikasi menurut Carolus Linnaeus (segera) 
Lanjut ke : Klasifikasi 5 Kingdom menurut Robert H. Whittaker (segera)

Kesimpulan

Klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk mempermudah mengenal dan mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam.


Demikian pembhasan singkat Klasifikasi Makhluk Hidup yang sudah Mahdaf rangkum di atas. Terima kasih atas kunjungannya, Share bila bermanfaat! Wassalam.

Komentar

Populer Post

Pengertian Adaptasi Beserta Contohnya

Mahdaf Webs - Kali ini Kita akan membahas tentang Pengertian Adaptasi, Macam-macam adaptasi dan pengertiannya. " Adaptasi", mungkin kita sudah sering mendengarnya sebagai kata untuk kalimat
"penyesuaian diri". Adaptasi sendiri adalah penyesuaian diri makhluk terhadap lingkungannya. untuk lebih jelas dan lebih mengerti, kita simak penjelasan berikut ini :

Pengertian AdaptasiAdaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan hidupnya. Adaptasi ini diperlukan oleh makhluk hidup dibumi, karena setiap lingkungan dibumi memiliki karakteristik sendiri. Misalkan dikutub suhunya sangat dingin serta banyak terdapat air sedangkan sebaliknya di daerah gurun suhunya panas, gersang, dan sulit untuk mendapatkan air.
Oleh karena itu ditempat tersebut makhluk hidupnya memiliki bentuk dan karakteristik berbeda untuk menyeseuaikan diri dengan lingkungannya. Seperti, Beruang kutub memiliki bulu yang lebat untuk melindungi tubuhnya dari suhu dingin dan di …

Perpindahan Kalor

Mahdaf Webs - Kali ini Mahdaf Webs akan membahas tentang Perpindahan Kalor. Atau kalor biasa disebut dengan panas. Kalor/panas dapat berpindah apabila terdapat perbedaan suhu pada suatu zat. Perpindahan Kalor dapat dibedakan menjadi Konduksi, Konveksi, dan Radiasi. Langsung saja, berikut artikel pembahasan tentang Perpindahan Kalor/panas.
Perpindahan Kalor        Joseph Black pada tahun 1720-1799 mengemukakan tentang perpindahan kalor suatu benda yang dikenal dengan asas black.
1. Jika dua benda saling bercampur, benda yang panas akan memberikan kalor pada benda yang dingin hingga suhu kedua benda itu sama.
2. Jumlah kalor yang diserap oleh benda dingin, sama dengan jumlah kalor yang dilepas benda yang panas.
3. Sebuah benda yang didinginkan sebesar t°C akan melepaskan kalor sama jumlah dengan kalor yang diserap oleh benda yang dipanaskan sebesar t°C.
       Asas Black dapat disimpulkan sebagai berikut. Jumlah kalor yang dilepaskan oleh benda yang bersuhu tinggi sama dengan jumlah kalor yan…